Thursday, December 14, 2017

Melelehnya es di Antartika berdampak besar di beberapa kota di Amerika Serikat

Es di lepas pantai Sabrina Antartika berdampak besar pada Florida
(credit to Steffen Saustraup, University of Texas Institute for Geophysics)
Salah satu pengaruh pemanasan global melalui peningkatan suhu bumi ialah melelehnya bongkahan atau lembaran-lembaran es di kutub utara. Selanjutnya, hal ini dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut yang dapat mengurangi daratan di dunia, dan salah satu yang berdampak signifikan ialah kota-kota di Amerika Serikat.

Dirasah Ilmu – Di wilayah Antartika saat ini, keadaan lembaran es sepertinya tidak stabil seperti yang diprediksi saat ini. Dengan semakin meningkatnya temperature bumi, resiko meningkatnya permukaan air laut akibat melelehnya es di kutub utara juga semakin tinggi. Wilayah-wilayah yang akan terkena dampak secara langsung ialah wilayah yang dekat dengan kutub utara ataupun negara-negara dengan kepulauan seperti Indonesia maupun negara-negara pulau kecil di asia-pasifik. Keadaan ini juga diperparah dengan adanya gas rumah kaca lainnya yaitu gas metana.

Namun, saat ini yang menjadi kekhawatiran bagi publik Amerika Serikat berupa adanya kemungkinan wilayah Amerika Serikat khususnya di pantai barat mengalami dampak yang signifikan akibat lelehan lembaran es di wilayah timur antartika. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Universitas of Texas at Austin dan Universitas of South Florida di Aurora Subglacial Basin, Sabrina Coast menunjukkan kestidakstabilan gletser di wilayah ini. Es-es, khususnya lembaran es di wilayah ini, sangat dinamis dan sering terjadi muncul dan tenggelam lembaran es di lautan.

Lepas pantai Sabrina masih terisolir dan survey yang dilakukan oleh kedua universitas ini merupakan survey pertama sejak ditemukan di tahun 1839.

Persoalan yang didapatkan adalah Sabrina coast berdampak langsung di wilayah Amerika Serikat, khususnya Florida. Seperti yang dilansir di laman EurekAlert, kenaikan suhu bumi berdampak pada kenaikan permukaan air laut. Konsekuensinya, beberapa wilayah di Florida akan direndam oleh air laut akibat melelehnya lembaran es tersebut. Berdasarkan survey yang dilakukan, diprediksi bahwa sekitar 30-45 centimeter air laut akan merendam daratan Florida. Selain itu, dengan dinamisnya pergerakan lembaran es juga akan mengakibatkan perubahan kondisi geografis dan iklim di wilayah Florida itu sendiri.

Sebagai kesimpulan, pemanasan global akibat terjadinya peningkatan gas rumah kaca memang tidak berdampak langsung pada kondisi air laut di bumi. Akan tetapi, dampak langsungnya berada pada dinamisnya pergerakan lempengan-lempengan es yang ada di Antartika. Tenggelam dan munculnya lembaran es tersebut menunjukkan ketidakstabilan ekosistem yang dapat menyebabkan persoalan lingkungan.

0 comments: