Sunday, December 24, 2017

Jangan Minum Kopi pada Saat Perut Kosong

Minum kopi di pagi hari saat perut kosong sangat berbahaya bagi kesehatan lambung
Kopi merupakan salah satu minuman yang paling nikmat tentunya bagi beberapa orang. Apalagi, minuman kopi ini diminum di pagi hari sebelum beraktivitas. Kopi panas menjadi salah satu minuman yang dapat memotivasi kita untuk memulai hari lebih baik lagi dari hari sebelumnya. Namun, anda seharusnya jangan minum kopi ketika perut kosong, yah al ini serius bagi kesehatan anda.

Dirasah Ilmu – Bagi para penikmat kopi, menikmati kopi di pagi hari selepas bangun adalah salah satu hal yang menyenangkan. Kopi panas dengan aromanya yang khas, ketika di-sruput sambil menikmati udara pagi menjanjikan kenikmatan tersendiri. Meskipun terlihat normal, ternyata meminum kopi di pagi hari dengan keadaan perut kosong dapat meningkatkan tingkat keasaman pada lambung. Justru, hal tersebut dapat membahayakan kondisi lambung seseorang, dan akhirnya dapat mempengaruhi mood si peminum. Oleh karenanya disarankan untuk setidaknya memakan makanan ringan sebelum meminum kopi seperti roti ataupun donat.

Tubuh manusia, khususnya pada organ lambung memproduksi asam klorida sebagai senyawa kimia untuk mengubah makanan yang masuk kedalam tubuh agar mudah diserap. Pagi hari adalah periode rentan karena lambung telah selesai mencerna makanan dalam tubuh sehingga tingkat keasaman pada lambung dalam keadaan tinggi. Oleh karenanya, ketika asam lambung dalam keadaan tinggi, maka kopi yang mengandung senyawa kafein akan mengalami proses dekafeinasi (yaitu sebuah proses lepasnya kafein dari kopi).

Kehadiran kafein di dalam lambung dapat menyebabkan berbagai persoalan di lambung seperti peningkatan tekanan darah dan kontraksi pembuluh darah dalam jantung atau vasoconstriction. Namun, kehadiran kafein pada perut kosong akan meningkatkan produksi asam klorida pada lambung sehingga terjadi gangguan pada proses pencernaan secara kimiawi. Semakin tinggi asam lambung maka, zat-zat makanan yang akan dicerna setelah minum kopi menjadi tidak ada. Hal ini lah yang menyebabkan perubahan mood setelah makan yang didahului dengan minum kopi. Justru, bukan memberikan semangat untuk memulai pekerjaan, malah menjadi lemas dan lesu, bahkan mengalami kecemasan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk meminum kopi?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila ingin meminum kopi pada pagi hari, usahakan meminumnya dalam keadaan perut yang sudah terisi. Jika anda tidak terbiasa untuk memakan makanan berat seperti nasi ataupun mie, anda bisa memulainya dengan memakan kudapan ringan seperti roti atau biskuit. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga tingkat keasaman pada lambung manusia.

Secara biologis, keadaan tubuh manusia pada pagi hari setelah tidur dalam keadaan hormon kortisol yang tinggi sehingga tubuh kita seolah-olah sensitif yang akhirnya membuat kita tetap terjaga. Oleh karenanya, apabila meminum kopi setelah bangun pagi justru akan membuat tubuh lebih sensitif menerima efek yang disebabkan kafein kopi di dalam lambung. Oleh karenanya, disarankan untuk meminum kopi pada saat level hormon kortisol sudah menurun yaitu di waktu pagi menjelang siang, atau dalam Islam di waktu setelah Dhuha. Sore hari juga waktu yang tepat untuk meminum kopi karena level hormon kortisol juga dalam keadaan rendah.

Sebagai kesimpulan, kopi adalah salah satu minuman penyemangat bagi beberapa orang. Namun demikian, meminum kopi di pagi hari setelah bangun adalah hal yang tidak menyehatkan karena dapat menimbulkan kecemasan, dan peningkatan detak jantung dan tekanan pada pembuluh darah diakibatkan oleh kehadiran kafein dan tingginya asam lambung.

0 comments: