Wednesday, December 6, 2017

Konsumsi jenis air minum yang tepat

Meningkatnya kebutuhan konsumsi air minum bukanlah merupakan suatu hal yang baru, akan tetapi sebuah keharusan demi terjaganya kesehatan tubuh. Namun, banyak masyarakat hari ini menganggap air minum yang baik adalah air minum dengan jenis paling murni dibandingkan yang lainnya. Benarkah demikian?
Kebutuhan sel dari air minum
Dirasah IlmuLebih dari stengahnya, tubuh manusia terdiri atas air. Kekurangan air dalam tubuh manusia atau disebut dengan dehidrasi mengakibatkan berbagai macam masalah. Dehidrasi pada umumnya dapat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal dan gangguan metabolisme. Sehingga tak hanya berbagai jenis macam penyakit yang muncul, dehidrasi juga mampu meningkatkan resiko kematian pada manusia. . Untuk mengatasi hal ini terjadi, disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak delapan liter per hari sehingga asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh cukup. Yang menjadi pertanyaan, jenis air minum apakah yang diperlukan oleh tubuh?

Terjaganya kesehatan tubuh kita berarti seimbangnya jumlah yang dikonsumsi dan yang dikeluarkan. Hal ini berarti, asupan makanan dan minuman juga harus memiliki komposisi seimbang. Dengan demikian, jenis air minum yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis air minum yang mengandung zat-zat yang mampu mendukung sistem metabolisme, kekebalan tubuh (immune), dan regenerasi tubuh. Ini berarti, kandungan-kandungan yang dibutuhkan antara lain vitamin dan mineral-mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh sendiri. Akan tetapi, perlu untuk diketahui bahwa air merupakan medium atau pembawa bakteri pathogen yang mampu menyebabkan berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, ada dua hal umum yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi air minum yaitu
  • Mengandung komponen-komponen penting bagi tubuh seperti vitamin dan mineral
  • Bebas dari bakteria berbahaya
Umumnya, masyarakat dihadapkan pada kondisi dilematis karena saat ini banyak sekali produk-produk air minum yang menawarkan kebutuhan yang serupa. Dan salah satunya adalah air minum ultra murni atau ultra-pure (bukan sebuah nama produk minuman).

Baikkah jenis minuman ultra murni atau ultra-pure water?
Dalam gambaran masyarakat awam, jenis air minum yang baik itu adalah jernih dan tidak berbau yang dibuktikan dengan apabila disinari cahaya ia akan tembus pandang. Selain itu, ada beberapa metode yang menyatakan bahwa air minum yang baik itu apabila sebuah logam yang dialiri listrik mengakibatkan karatan, maka jenis air minum ini tidak baik. Namun, lagi-lagi yang terpenting bukanlah persoalan tersebut namun kandungan yang ada didalamnya.

Nah, terkait jenis air minum ultra-pure, sebenarnya jenis air minum tidak baik untuk dikonsumsi. Sebenarnya, untuk air minum, semakin murni air minumnya justru semakin buruk untuk tubuh manusia. Dalam pengertian murni berarti tidak ada kandungan mineralnya yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Artinya, ketika jenis air minum ini diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang terkait, proses pemurnian berarti menghilangkan segala jenis kotoran tak hanya bakteri, begitu pula dengan mineral-mineral didalamnya. Dengan keadaan seperti ini, ketika anda meminum jenis air minum ultra-pure, haus tidak akan hilang dan justru anda akan semakin haus. “Justru, mulut kita menginginkan potassium, magnesium, dan berbagai macam mineral lainnya” sebut Arthur von Wiesenberger, seorang ahli air minum.

Yang terpenting adalah, air minum yang dikonsumsi haruslah terbebas dari bakteri-bakteri pathogen atau berbahaya. Sedangkan terkait dengan adanya kontaminant seperti mineral yang tidak dibutuhkan, terkadang mineral tersebut menguntungkan asal tidak melewati ambang batas konsumsi.

Bagaimana memilih jenis air minum yang baik?
Tentunya, jenis air minum ultra-pure tidaklah baik karena jenis air minum ini hanya terdiri atas Hidrogen dan Oksigen. Mungkin jika dianalogikan dalam laboratorium, jenis air minum ini sama halnya dengan air Aquadest atau Aquabidest sehingga sering dijadikan sebagai larutan pelarut pada aktivitas-aktivitas laboratorium.

Untuk mendapatkan jenis air minum yang baik adalah dengan mengetahui proses pemurniannya dan jenis kandungan mineral yang didapatnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jenis-jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia antara lain adalah natrium, potassium, magnesium, dan kalsium. Umumnya, produk-produk air minum yang dipasarkan menyematkan kandungan mineral yang ada didalamnya melalui website-website resminya.

0 comments: